Dipublikasi pada : 2017-02-09 08:14:58

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN MEGA DANA PADA

Abstrak: tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pela-yanan yang terdiri dari bukti fisik, daya tanggap, kehandalan, jaminan dan empati terhadap kepuasan nasabah tabungan Mega Dana pada PT Bank Mega Tbk. Ca-bang Barabai. Metode dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang diambil dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah yang memiliki tabungan Mega Dana di Bank Mega. Sebanyak 50 sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data diolah di analisis menggunakan estimasi regresi ber-ganda dengan menggunakan software SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel: bukti fisik (X1), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan variabel kehandalan (X2) mempunyai pengaruh signifikan. Secara simultan, faktor-faktor kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan nasabah




Komplek Waringin, Jl. Ahmad Yani Km. 5,5,
Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur,
Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70248