Dipublikasi pada : 2017-02-09 08:10:34

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENSIUNAN PADA PT TABUNGAN ASURANSI PEGAWAI NEGERI (PE

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pensiunan pada PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) Kantor Cabang Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pensiunan di daerah Kalimantan Selatan berjumlah 42.129 orang, sedangkan sampel sebanyak 100 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pensiunan dan kepastian waktu adalah variabel dominan yang mempengaruhi kepuasaan pensiunan pada PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) Kantor Cabang Banjarmasin.

Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasaan pensiunan




Komplek Waringin, Jl. Ahmad Yani Km. 5,5,
Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur,
Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70248