Log Masuk

 
     
 
     

Artikel Terkini

Jajak Pendapat


Apakah Sistem Informasi Akademik Ini Memudahkan Anda ???
 

kha

STANDAR PENULISAN PUBLIKASI NASKAH ILMIAH

  • Mahasiswa S1 dan S2 yang telah menyelesaikan tugas akhirnya (skripsi atau tesis) wajib untuk membuat publikasi ilmiah dari tugas akhirnya dan menerbitkannya di jurnal ilmiah.
  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STIE Pancasetia Banjarmasin menerima naskah publikasi ilmiah dari mahasiswa untuk diterbitkan di jurnal-jurnal yang dikelola oleh LPPM STIE Pancasetia Banjarmasin.
  • Format penulisan naskah harus sesuai dengan kaedah penelitian ilmiah dan sesuai dengan format baku dari Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh LPPM STIE Pancasetia Banjarmasin, yaitu:
    • Panjang naskah minimum 5 halaman dan maksimum 20 halaman.
    • Naskah penelitian ditulis di kertas ukuran A4 dengan spasi 1. Margin kertas 3 cm (kiri), 2 cm (kanan), 2 cm (atas), dan 2 cm (bawah). Naskah ditulis tanpa nomor halaman.
    • Naskah penelitian ditulis dengan menggunakan format huruf Times New Roman (12 pt).
    • Abstraksi ditulis maksimum 150 kata dalam 1 paragraf dengan menggunakan dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dan masing-masing disertai kata kunci yang jelas dan dapat mencerminkan isi dari artikel tersebut.Isi dari abstraksi harus mencakup tujuan penelitian, lingkup penelitian, alat analisis yang digunakan, serta temuan dari penelitian.
    • Naskah yang dikirimkan wajib mengandung unsur-unsur berikut:
    •  
      • Latar Belakang, yaitu serangkaian fenomena yang menyebabkan penelitian ini penting untuk dilakukan. Pendahuluan ditulis dari hal-hal yang bersifat luas hingga menyempit ke hal-hal yang spesifik di objek penelitian, sehingga terbentuk suatu rumusan masalah.
      • Studi Literatur, yaitu serangkaian teori dan penelitian terdahulu yang menjadi fondasi dari penelitian yang dilakukan. Keseluruhan teori yang digunakan ditampilkan dalam bentuk narasi yang berkesinambungan dan relevan dengan topik yang diteliti.
      • Metode Penelitian, yaitu penjabaran dari teknik-teknik analisis yang digunakan. Penulis wajib menceritakan tentang lokasi penelitiannya, populasi dan sampel yang digunakan, variabel yang digunakan dalam penelitian, cara mengukur variabel penelitian, dan alat analisis yang digunakan.
      • Hasil penelitian dan pembahasan, yaitu serangkaian informasi yang ditemukan oleh peneliti yang menjadi acuan untuk membuat suatu kesimpulan atau bahkan pembentukan teori baru.
      • Kesimpulan, hasil penelitian yang ditulis dalam kalimat yang singkat, padat, dan jelas.
      • Daftar Pustaka, yaitu serangkaian literatur yang dikutip dalam penelitian ini. Literatur yang ditampilkan pada daftar pustaka harus dapat ditemukan di badan artikel. format penulisan daftar pustaka mengacu pada Pedoman Penulisan Skripsi dan Tesis di STIE Pancasetia Banjarmasin.
  • Jika pada naskah terdapat singkatan, maka penulis wajib menjelaskan kepanjangan dari singkatan tersebut saat singkatan itu pertama kali dituliskan. Jika pada naskah terdapat bahasa asing (selain Bahasa Indonesia), maka penulis wajib menuliskannya dengan huruf miring (italic) dan menjelaskan maknanya jika dirasa perlu.
  • Penggunaan Gambar dan Tabel diperbolehkan selama Gambar dan Tabel tersebut memang sangat dibutuhkan untuk ditampilkan dalam naskah penelitian. Setiap Gambar dan Tabel yang ditampilkan harus diberi nomor, memiliki judul, dan dijelaskan secara lengkap pada naskah penelitian. Format Gambar dan Tabel menyesuaikan dengan Pedoman Penulisan Skripsi dan Tesis STIE Pancasetia Banjarmasin.
  • Naskah ilmiah yang masuk akan diseleksi oleh LPPM STIE Pancasetia Banjarmasin yang memiliki hak penuh untuk mengkoreksi (tanpa merubah makna), mengembalikan untuk diperbaiki, atau menolak tulisan yang masuk bila dirasa perlu.
  • Penulis wajib melampirkan biodata penulis, yang terdiri dari sekurang-kurangnya nama lengkap, asal instansi, alamat instansi, alamat e-mail, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Penulis dapat menyerahkan softcopy dari artikel ilmiahnya dalam bentuk CD atau Flashdisk ke LPPM STIE Pancasetia Banjarmasin (format microsoft word), dan akan mendapatkan tanda terima artikel ilmiah, yang merupakan salah satu persyaratan kelulusan di STIE Pancasetia Banjarmasin.
  • Naskah ilmiah yang dinilai bagus akan diterbitkan di salah satu jurnal yang dikelola oleh LPPM STIE Pancasetia Banjarmasin dan dapat ditelusuri secara online di website STIE Pancasetia Banjarmasin (http://sia.stiepancasetia.ac.id/?hal=jurnal).
  • Berikut adalah format penulisan artikel ilmiah yang diterima oleh LPPM STIE Pancasetia Banjarmasin:


TARUH JUDUL DISINI. JUDUL DITULIS DENGAN HURUF BESAR SELURUHNYA DAN DITEBALKAN (BOLD)*


Nama Lengkap Penulis*

Asal Instansi Penulis. Jika belum bekerja, tuliskan “Mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin”*

Alamat Lengkap Instansi Penulis

e-mail: …………………..


Abstract: Abstract must contain maximum 150 words in a single paragraph in English. Abstract must be filled with the purpose of the study, the scope of the study, tools for analysis, and the results of the analysis. Abstract must be written with additional margin 1 cm from the left and 1 cm from the right of the normal content margin.*

Keywords: …………………………………..


Abstrak: Abstrak terdiri dari maksimum 150 kata dalam 1 paragraf dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Isi dari abstraksi harus mencakup tujuan penelitian, lingkup penelitian, alat analisis yang digunakan, serta temuan dari penelitian. Abstrak ditulis dengan margin tambahan 1 cm dari kiri dan 1 cm dari kanan isi artikel normal.*

Kata Kunci: ....................................................


Latar Belakang

Tuliskan serangkaian alasan mengapa penelitian ini diperlukan. Pendahuluan ditulis dari hal-hal yang bersifat luas hingga menyempit ke hal-hal yang spesifik di objek penelitian, sehingga terbentuk suatu rumusan masalah.*


Studi Literatur

Tuliskan serangkaian teori dan penelitian terdahulu yang menjadi fondasi dari penelitian yang dilakukan. Keseluruhan teori yang digunakan ditampilkan dalam bentuk narasi yang berkesinambungan dan relevan dengan topik yang diteliti.*

 

Metode Penelitian

Tampilkan lokasi penelitian, populasi dan sampel yang digunakan, variabel penelitian, pengukuran variabel penelitian dan alat analisis yang digunakan.*

 

Hasil Penelitian dan Pembahasan

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan serangkaian informasi yang ditemukan oleh peneliti beserta pembahasannya.*

 

Kesimpulan

Tuliskan kesimpulan dalam serangkaian kalimat yang menjelaskan hasil dari penelitian dalam kalimat yang singkat, sederhana, dan mudah dipahami orang awam.*

 

Daftar Pustaka

Ikuti standar yang telah ditetapkan*

 

* Ganti dengan data yang diminta